Sejarah komputer

Sejarah Perkembangan Komputer Berawal dari alat hitung Tradisional sederhana bernama Abacus di temukan sekitar 5000 tahun lalu di daerah Asia.., memilki fungsi untuk membantu para pedagang Cina dalam perhitungan Aritmatika sederhana untuk transaksi jual beli (dagang)..., dan masih sering dijumpai penggunaannya pada abad 21 ini.., setelah beberapa abad kemudian munculah calculator roda mecanik (Blaise Pascal) sekitar tahun 1942 dibuat oleh seorang bocah berumur 18 tahun.. alat itu ia ciptakan untuk membantu Ayahnya dalam bidang perpajakan. setelah bebrapa penemuan itu kemudian muncul penemuan-penemuan lainnya ke permukaan..., hal ini akibat dari tuntutan oleh kebutuhan manusia akan alat hitung yang lebih canggih lagi untuk dapat menyelesaikan perhitungan Matematika yang berkembang semakin kompleks.....

                                                     abacus
                                                                           abacus

Kalau membicarakan tentang Sejarah Perkembangan Komputer tentunya secara tidak segaja akan mempelajari juga step by step perubahan dari Generasi ke generasi Komputer itu sendiri...,, berikut ini penjelasannya..:


  • Komputer Generasi Pertama (1940-1959)
Generasi Pertama muncul pada saat perang Dunia Kedua lagi berkecamuk...,, dampak postif dari peperangan itu mengakibatkan banyak Negara yang terlibat dalam perang berlomba-lomba menciptakan dan mengembangkan alat yang tadinya merupakan alat hitung saja menjadi sebuah alat Pemecah Kode rahasia (mengeksploitasi kemampuan/potensi pada komputer)..., berawal dari mesin Pemecah Kode ENIGMA ditemukan oleh Thomas Jefferson (mantan Presiden Amerika Serikat) disusul oleh Inggris yang membuat ENIGMA yang diberi nama Colossus.  hal ini menyebabkan perkembangan komputer menjadi semakin cepat dan pesat.., tidak lama kemudian terciptalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator) Komputer ENIAC ini diciptakan oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert. Pada tahun 1946 EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) hasil pengembangan dari ENIAC.. Penggunaan saluran-saluran vakum yang ada pada ENIAC telah banyak dikurangi dalam mesin EDVAC, proses perhitungan menjadi lebih baik.
Komputer Generasi Pertama di desain untuk menyelesaikan satu tugas saja dan masih menggunakan bahasa mesin.
                                                                 enigma
                                                                           ENIGMA

                                                          ENIAC
                                                                            ENIAC

  • Komputer Generasi Kedua  ( 1959 - 1964 )
Komputer Generasi Kedua dari segi ukuran dan harga jauh lebih kecil dan terjangkau dikarenakan pada komputer generasi ini sudah menggunakan teknologi transistor dan diode,, yang memiliki fungsi menggantikan saluran-saluran vakum yang ada pada Komputer Generasi Pertama. Transistor ini ditemukan oleh John Bardeen, Walter Brattain dan William Shockley hasil penelitian di Laboratorium Bell.  kemudian dari hasil temuan itu terciptalah Komputer transistor pertama dengan nama TX-0(Transistorized eXperimental Computer 0) merupakan mesin 16 bit pertama kali dibuat pada tahun 1961.., metode penyimpan memorinya pun mengalami perkembanganan.. telah menggunakan mangnetik teknologi.., membuat ukuran dari memori penyimpanan utama bertambah besar...setelah itu disusul penemuan mesin Fortran, Cobol dan Minicomputer DEC PDP 8 (1964)..., menggunakan Bahasa Pemograman tingkat tinggi dalam Sistem Pemorosesan mesinya.
                                                  TX-0
                                                                             TX-0


  • Komputer Generasi Ketiga (1964 -  80-an)
Generasi ke Tiga ini keluar dari hasil pengembangan Transistor pada Generasi Komputer ke Dua mengubah Transistor menjadi sebuah IC (integrated circuit). menghilangkan panas yang berlebih yang dihasilkan pada saat penggunaan teknologi Transistor, IC ditemukan oleh Robert Noyce pada tahun 1958..., dibuat dengan cara mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa (Batu Kuarsa)..., hal ini memungkinkan dimasukannya lebih dari satu transistor ke dalam sebuah chip saja.., kemudian keberadaannya mulai menggeser transistor sebagai alat pemrosesan datanya..., alat ini mendukung penggunaan bahasa Pemograman BASIC, Pascal dan PL/1....artinya sudah mulai menggunakan Sistem Operasi. Pada masa ini Perusahaan IBM mulai memperkenalkan produk mereka ke publik dengan nama Sistem 360.., komputer ini mampu menjalankan beberapa program berbeda (Multiprogramming) secara bergantian..
 
                                                IBM System 360
                                                                IBM SYSTEM 360

  • Komputer Generasi Keempat (awal 80-an sampai saat ini)
Sekitar tahun 1980 setelah penemuan IC munculah teknologi Chip..., berawal dengan mengecilkan ukuran dari circuit dan beberapa komponen elektrik LSI (Large Scale Integration) menggabungkannya ke dalam sebuah chip berukuran kecil.
Dalam sebuah mikrochip terdapat ratusan bahkan ribuan komponen transistor mengakibatkan pemorosesan dapat dilakukan lebih cepat tepat dan efisien,, mampu memproses dalam kecepatan jutaan bahkan milyard perdetik...., dari segi penyimpanan juga mengalami peningkatan sangat signifikan.., sudah tidak lagi menggunakan primary memory sebagai penyimpanan utama dikarenakan adanya memory sekunder yang mampu menampung jumlah data dengan kapasitas yang lebih besar tentunya.
Dengan adanya teknologi yang baru ini manusia sudah dapat mewujudkan/membuat sebuah Supercomputer. Terdapat banyak software-software (Perangat Lunak) yang dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan besar terkemuka maupun perseorangan terintegrasi atau mendukung kinerja Sistem Operasi Komputer Generasi ke Empat. Komputer-komputer Generasi ke Empat tentunya sudah tidak asing lagi..., karena sampai pada saat ini kita masih menggunakannya..contohnya komputer berprocessor 8080, IBM PC/486, AMD k6, Athlon, Duron, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV hingga Era Core.

                                                      Old PC
                                                                         Old PC

                                                      New PC
                                                                        New PC

Trackback URL for this post:

http://ifs.totalh.com/trackback/20

1 komentar:

  1. bos,, bisa minta tolong dilengkapin spesifikasi komputer generasi keduanya,,, bwt tugas kuliah,,, thanks,,,

Posting Komentar